Begini Menu MP-ASI Anti Sembelit

Menyajikan Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) tentu menjadi saat yang ditunggu-tunggu bagi setiap ibu, termasuk saya. Membayangkan anak lahap menyantap menu sehat olahan sendiri, duh asik sekali. Hingga tiba saatnya, saya justru dilanda kepanikan. Setelah baca sana-sini dan pelajari ini-itu saya mumet sodara-sodara. Kok ribet banget ya, pikir saya.

Tapi kekhawatiran berakhir setelah eksekusi. Ternyata tidak seribet yang dibayangkan, karena teori tanpa praktek adalah hantu masa lalu, seperti diskusi tanpa aksi.

Saya menyajikan MP-ASI sehat standar WHO (World Health Organisation). Dua minggu pertama saya beri menu tunggal untuk mengetahui reaksi alergi. Nah di bagian inilah ibu-ibu muda perlu hati-hati. Perhatikan juga menu makanan pemicu sembelit. Jangan berikan secara beruntun agar tidak terjadi drama berlinang air mata seperti saya.

Anak Sakit? Emaknya Drama!

 

whatsapp-image-2016-11-05-at-11-44-47
Ublek-ublek-ublek, maunya makan sendiri

Anak saya sempat sembelit akibat kesalahan menu. Berbeda dengan orang dewasa, makanan tinggi serat justru memicu sembelit pada bayi. Tapi bukan berarti jangan diberi. Setelah berkonsultasi dengan teman yang paham tentang gizi, saya disarankan memilih makanan yang mengandung serat tidak larut dalam air, salah satunya ada pada beras merah.

Untuk beras merah saya memilih produk organik dari Javapari. Tentu saja saya memilih yang terbaik bagi buah hati. Berbagi pengalaman membuat MP-ASI beras merah, saya pertama kali memberikannya sebagai bubur halus. Karena beras merah cenderung doyan air saya masak menggunakan air tiga kali lebih banyak dari pada bubur beras putih. Agar lebih halus bubur saya blender, lalu ditambah ASI perah untuk mengatur tekstur kekentalannya.

whatsapp-image-2016-11-05-at-11-44-26
Gak cukup pakai sendok, tangan tetap masuk mulut

Memasuki minggu ketiga saya sudah menyajikan menu gizi seimbang. Menu ini biasa disebut menu empat bintang, terdiri dari sumber karbohidrat, protein hewani, kacang-kacangan, dan sayuran dilengkapi dengan sumber lemak tambahan (minyak sayur/mentega/margarin/santan).

https://www.facebook.com/notes/208836479136874/[PANDUAN]%20MP-ASI%20WHO%20/1243541565666355/

Menu empat bintang pertama anak saya adalah beras merah sebagai sumber karbohidrat, ati ayam kampung sebagai sumber protein hewani, kacang merah, serta wortel dan bayam. Bubur beras merah saya campur dengan bahan-bahan lain yang telah direbus lalu saya blender. Tidak lupa diberi tambahan minyak sayur.

Dan… bahagia itu adalah melihat anak lahap makan. Meski berantakan yang penting hati senang.

Semangat MP-ASI!

whatsapp-image-2016-11-05-at-11-56-33
Nyam-nyam itu menyenangkan.
whatsapp-image-2016-11-05-at-11-44-49
Bubur beras merah Javapari

 

vemelinda

Menjadi ibu adalah hal paling luar biasa dalam hidup saya. Memang tidak mudah, tapi tidak perlu dibuat sulit. Banyak hal tidak terduga yang terjadi dalam hidup saya dan sebisa mungkin akan ditulis di blog ini. So… enjoy! Hubungi saya di : venantiamelinda@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *