5 Blog yang Sering Saya Kunjungi

Sebagai pengguna aktif internet, tidak banyak blog yang saya kunjungi. Seringnya mengakses email, situs berita, onlineshop, youtube, dan sosial media. Email dan portal berita ini situs wajib setiap pagi, terutama saat weekdays. Selain terkait dengan pekerjaan, kita juga perlukan memberi otak kita sarapan informasi. Situs berita paling sering jadi rujukan adalah kompas.com, tempo.co, dan tirto.id.

Kenapa tidak baca versi cetaknya? Kadang saya juga baca versi cetaknya kok, tapi itu harus dilakukan dengan berjalan ke kantor bagian utara (yang berjarak sekitar sepertiga lapangan sepak bola) karena semua koran berada disana, sedangkan disaat bersamaan saya juga harus mengecek email dan melakukan pekerjaan lain di depan komputer, so… berita online jadi solusinya. Memang sih beberapa situs online tidak menyajikan berita secara mendalam, tapi tetap oke untuk suplemen informasi harian. Kalau untuk berita indepth media online, menurutku tirto.id juaranya.

Kalau onlineshop paling sering buka etsy.com untuk lihat printilan-printilan handmade lucu yang bikin mupeng. Sering juga mampir ke bookdepository.com buat lihat stok buku-buku anak yang bikin khilaf karena iming-iming free delivery worldwide. Sebulan ini lagi kepoin onlineshopnya amazara.co.id karena lagi ngincer sepatu yang sayangnya lagi kosong. Jadi ceritanya saya sedang memantau siapa tahu tiba-tiba ready stok. Urusan beli-beli sepatu via onlineshop ini paling sensitif, banyak pengalaman yang kurang mengenakkan, entah sepatunya sakit di kaki, tidak awet, atau tidak sesuai ekspektasi. Tapi saya yakin produk lokal ini kualitasnya oke punya, mungkin karena saya sudah kenal dengan foundernya Uma Hapsari yang saya tahu sejak SMP selalu do the best.

Nah kalau youtube pasti cari DIY mainan anak atau sensory play, tutorial bikin baby meal, dan download lagu-lagu buat Dayu, semacam itulah. Sosial media paling sering di buka via PC atau laptop ya Facebook, Instagram pasti harus lewat smartphone karena semua fiture bisa diaksesnya lewat sana saja kan.

Sesekali saya juga blog walking, tapi sangat jarang akan kembali ke blog tertentu. Tidak semua blog saya kunjungi lagi, rata-rata karena kurang tertarik dengan kontennya, atau tidak bisa menikmati gaya bahasanya, dan yang paling sering karena lupa alamatnya. Tapi diantara blog-blog yang saya tidak ingat namanya, ada beberapa blog yang membuat saya selalu kembali. Berikut saya jembrengkan kelima daftarnya mulai dari yang paling sering.

1. Diari Mami Ubii

Diari Mami Ubii di gawangi oleh Grace Melia (Gesi), ibu dari anak berkebutuhan khusus bernama Ubii. Awalnya saya tahu blog ini dari sebuah postingan di instagram tentang Ubii, baru kemudian saya sampai ke blog Diari Mami Ubii. Niatnya untuk tahu lebih dalam tentang Ubii, dia kenapa, kok bisa seperti itu, bagaimana penanganannya, dll. Saya merasa perlu tahu semua hal tentang tumbuh kembang anak dan resiko apa saja yang bisa terjadi. Setelah baca-baca postingan tentang Ubii, kemudian tentang Aiden anak keduanya yang seumuran Dayu, lalu Diari Papi Ubii tulisan suaminya, dan Silly Convonya yang beneran silly but funny, saya tidak bisa berhenti. Blognya berisi tentang family life and parenting, Gesi tidak hanya menuliskan semuanya dengan ringan dan menarik tapi juga berisi (kecuali silly convonya ya, tapi itu tetap perlu sebagai selingan menghibur).

Akibat tulisan-tulisannya saya merasa kenal dekat dengan Gesi, padahal ketemu saja belum pernah. Mungkin karena domisili kami sama-sama di Yoyakarta jadi ada kedekatan geografis. Ketika saya menjelaskan tentang pentingnya imunisasi MR pada ibu mertua, saya ceritakan tentang Ubii yang terlahir tuli dan cerebral palsy akibat ibunya terkena rubella saat hamil. Saya ceritakan semua itu dengan menyebut Gesi sebagai “teman saya” dan Ubii “anak teman saya”. Ngaku-ngaku banget ya, tapi memang rasanya sudah akrab, seperti teman yang biasa saling curhat.

Postingan di blognya Gesi ini update banget, rasanya hampir setiap hari ada tulisan baru. Saya sampai follow instagramnya untuk tahu postingan terbaru, dan benar saja baru rencana baca tulisan A yang saya lihat pagi tadi, di instastorynya sudah muncul postingan baru. Mungkin karena dia super update ini juga yang bikin saya bolak-balik blognya terus, tidak bosan karena pasti ada yang baru.

2. najwashihab.com

Saya mengidolakan Najwa Shihab seperti kebanyakan orang lainnya. I have been obsessed to be a journalist since I was a teenager (sempat kesampaian bentar tapi sekarang sudah banting setir) dan Nana muncul sebagai sosok jurnalis yang menginspirasi banyak orang. Tapi Nana ini seorang jurnalis televisi, karyanya lebih banyak dalam bentuk rekaman, jadi tidak banyak tulisan yang bisa saya baca di blognya. Harapannya sih bakal ada catatan-catatan najwa yang diunggah di sana tetapi jarang sekali update. Meski begitu saya tetap sering buka blog ini untuk masuk ke channel youtubenya. Entah kenapa dari pada saya buka youtube dan search najwa shihab, saya lebih senang buka najwashihab.com lalu klik icon youtubenya.

Najwa bukan satu-satunya jurnalis idola saya sih. Jauh sebelum dia saya lebih dulu mengidolakan Linda Christanty, jurnalis yang juga penulis. Dulu saya mengikuti dia di lindachristanty.com banyak karya jurnalistiknya yang bisa saya baca. Kemudian blognya jarang update, jadi tidak saya masukkan dalam daftar kali ini karena saya mulai jarang berkunjung ke sana.

3. Dee Lestari

Penulis ini idola saya juga. Meski serial Supernovanya saya tidak terlalu suka, tapi dia tetap idola. Sebuah buku tidak bisa memuaskan semua pembacanya bukan, dan penggemar tidak harus suka semua karya idolanya. Tapi toh itu tidak mengurangi kadar kekaguman saya pada perempuan ini.

Saya lebih suka cerita-cerita pendeknya dari pada novelnya. Salah satu favorit saya Rico de Coro (1995) yang tergabung dalam Kumpulan Cerita dan Prosa Satu Dekade, Filosofi Kopi. Dari tulisan-tulisan dia saya banyak belajar. maka dari itu selain membaca bukunya saya juga mengikuti blognya untuk menimba ilmu.

4. Rumah Merah

Sejak saya merambah dunia perbloggeran, blog ini menjadi yang paling sering saya kunjungi. Karena pemiliknya, Irwan Bajang, adalah mentor saya saat di persma kampus yang kala itu hidup segan mati tak mau. Saya berguru banyak hal padanya, meski orangnya sok tahu dan menyebalkan, setidaknya masih bisa dijadikan tempat curhat.

Saat ini Irwan Bajang moncer di dunia literasi Yogyakarta, Ia menggawangi penerbitan Indie Book Corner yang sudah melewati usia sewindu. Ia rajin mengajak masyarakat dan generasi muda di sekitarnya untuk menulis, hingga pada 2014 Ia dianugrahi SATU Indonesia Awards dengan julukan Si Penyabar Virus Menulis . Tapi sayang Rumah Merah kemudian menjadi rumah sepi seperti taglinenya, jarang sekali tulisan baru diunggah, bikin malas berkunjung. Meski begitu sebulan dua kali saya mampir ke blog ini, ngintip kalau-kalau ada tulisan baru. Tapi sering kecewa karena tidak ada apa-apa, keterangan profilnya aja masih lawas, tidak up date babarblas.

5. Musashi Makan Angin

Blok ini milik Ika Dewi Ana, dokter gigi jebolan Universitas Gadjah Mada yang saat ini menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di kampus yang sama. Saya menemukan blog ini sekitar dua tahun lalu saat hendak mewawancarainya. Seperti biasa, sebelum wawancara saya menelusuri riwayat narasumber dan menggali data sebanyak-banyaknya. Dari situ saya tahu Ia pernah menjadi squad Persma UGM, Balairung. Lalu saya telusuri blognya dan menemukan ternyata Ia sangat produktif menulis. Tulisan-tulisannya jauh dari yang saya bayangkan. Sebagai ilmuan dan peneliti saya kira tulisannya akan sangat ilmiah dan njlimet. Ternyata tidak. Blognya lebih mirip seperti travel blogger, dan sejak itu saya ngefans sama sosok perempuan ini.

Kenapa namanya Musashi Makan Angin? Itu pertanyaan yang pertama muncul saat saya mengunjungi blognya. Jika ingin tahu, silahkan kepoin sendiri. Tetapi sama seperti blog di atas, blog ini juga mulai jarang update. Sepertinya sejak menjadi wakil rektor, waktu menulis blognya banyak tersita. Sesekali saya masih mengunjungi blog ini, tapi belum juga ada yang baru.

*

Jadi itu lima blog yang sering saya kunjungi. Ini berdasarkan intensitas saya berkunjung dalam tiga bulan terakhir ya. Kalau kalian punya blog bagus please rekomendasikan di kolom komentar ya, biar saya makin gaul di dunia perbloggeran.

Have a nice weekend

***

vemelinda

Menjadi ibu adalah hal paling luar biasa dalam hidup saya. Memang tidak mudah, tapi tidak perlu dibuat sulit. Banyak hal tidak terduga yang terjadi dalam hidup saya dan sebisa mungkin akan ditulis di blog ini. So… enjoy! Hubungi saya di : venantiamelinda@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *